WUJUDKAN DESA BANJARDAWA MESRA DENGAN SI MAWAR BIRU

Pemalang – Rabu, 7 Agustus 2019

Desa Banjardawa merupakan salah satu desa yang berhasil maju mewakili Kecamatan Taman dalam acara lomba desa tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2019. Lomba desa ini merupakan salah satu bentuk perwujudan berbagai macam program dan tahapan yang telah dilalui atau dilakukan oleh Desa Banjardawa demi menjadi Desa Binaan yang nantinya bisa dirasa tepat untuk menerima alokasi dana pemerintah.

Foto : Suasana Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2019 di Desa Banjardawa Kecamatan Taman

Selain dari sisi kebersihannya, Desa Banjardawa memiliki beberapa keunggulan lainnya. Seperti contoh di bidang Kemasyarakatan, Desa Banjardawa memiliki SATLINMAS terbanyak di Kabupaten Pemalang, yaitu dengan jumlah total 94 anggota dengan 13 anggota diantaranya adalah perempuan.

Foto : Anggota SATLINMAS Desa Banjardawa Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

Kemudian keunggulan lainnya bisa dilihat dari potensi masyarakatnya. Masyarakat Desa Banjardawa sangatlah aktif dalam hal UMKM. Produk-produk makanan di Desa Banjardawa sangatlah beragam, sebut saja seperti Egg Roll, Angkleng, Jamu Kunir Asem, Abon Lele, Keripik Tempe, Donat, dan juga Serabi Ampiran yang merupakan makanan fenomenal di area pantura karena sangat dicari keberadaannya oleh para pengguna jalan di Jalur Pantura. Selain itu banyak juga ide kreatif yang bermunculan di Desa Banjardawa. Seperti budidaya ikan lele dan tanaman hidroponik yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK menjadi kelebihan tersendiri bagi Desa Banjardawa. Tak hanya itu, hal yang berawal dari hobi pun bisa dijadikan sumber uang bagi Masyarakat Desa Banjardawa, seperti halnya para pecinta burung di Desa Banjardawa yang kemudian menjadikan hobinya menjadi bisnis, yaitu bisnis penjualan Burung Cucak Rowo, Perkutut, Tekukur, dan juga Burung Murai yang semua jenis burung tersebut memiliki nilai jual yang cukup bagus di pasaran.

“Usaha dan ide-ide kreatif inilah yang nantinya diharapkan akan menopang sisi perekonomian Masyarakat Desa Banjardawa”, Ucap Bapak Sukandar, S.Pd., Kepala Desa Banjardawa.

Hal-hal yang telah dijelaskan di atas merupakan sebuah bentuk konkrit dari visi desa yang sebelumnya telah diajukan Bapak Sukandar, S.Pd. sewaktu mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Banjardawa. Visi yang diajukan adalah “DESA MESRA BERKAT SI MAWAR BIRU” yang artinya “Desa Menuju Sejahtera Bersama Masyarakat Sing Bisa Mangan Lan Bisa  Turu”.

“Semoga Masyarakat Desa Banjardawa bisa menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan sekitar, bukan hanya bersih lingkungan ketika akan ada penilaian lomba saja. Semoga Desa Banjardawa bisa mewakili Kabupaten Pemalang untuk lomba di Tingkat Provinsi” ujar Bapak BPM Wibowo, Camat Taman.

Facebooktwitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *